4 Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh pada Smartphone

4 Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh pada Smartphone - Penyimpanan internal penuh merupakan masalah yang sering terjadi pada semua ponsel yang memiliki memori dengan kapasitas kecil. Tak hanya dengan kapasitas kecil, mereka yang mempunyai kapasitas besar juga terkadang penuh. Lantas bagaimana cara mengatasi penyimpanan penuh pada smartphone kesayangan kamu?. Tanpa panjang lebar di bawah ini 4 cara mengatasinya:

4 Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh pada Smartphone

1. Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Terpakai

Setiap membeli smartphone baru pasti sudah terisi dengan berbagai aplikasi bawaan, tentu saja semua aplikasi bawaan tersebut tidak semuanya terpakai, jadi tidak ada salahnya untuk dibuang saja. Seperti contohnya, smartphone dengan merk Xiaomi biasanya terdapat beberapa aplikasi bawaan yang lumayan banyak, dan belum tentu bermanfaat untuk kebanyakan orang.

Tidak ada salahnya untuk menghapus aplikasi berikut ini:
  • Google Duo
  • Google Foto
  • Google Play Film
  • Google Play Music
  • Mi Forum
  • Mi Remote
Dari beberapa aplikasi diatas memang tidak semuanya di hapus begitu saja, beberapa ada yang tidak bisa dihapus sama sekali. Adapun solusinya yaitu dengan menghapus data hingga versi aplikasi berada di paling bawah, dengan seperti itu jelas akan menambah kelonggaran kapasitas penyimpanan.

2. Hapus File WhatsApp yang Tidak Penting

Saya rasa hampir disetiap smartphone terdapat aplikasi yang satu ini, aplikasi yang sangat bermanfaat hampir bagi semua orang untuk keperluan chat ini juga bisa menjadi salah satu penyimpanan internal smartphone kamu penuh.

Perlu kamu ketahui, aplikasi whatsapp scara otomatis akan mendownload foto, video dan dokumen. Mungkin semakin banyak grup akan semakin besar juga kemungkinan banyak file tidak jelas yang membuat penyimpanan penuh. Selain itu juga, semua foto, video dan dokumen yang dikirim akan tetap ada di file cache WhatsApp.

Untuk menghapus file whatsapp yang tidak penting, seperti gambar, video, file dll, silahkan masuk ke Penyimpanan > WhatsApp > Media. Disana kamu akan menemukan berbagai kategori seperti foto, video dan dokumen. Silahkan hapus file yang terdapat di salah satu folder media tersebut yang menurut kamu sudah tidak penting. Karena dengan menghapus beban memori WhatsApp bisa menambah penyimpanan yang lumayan besar.

Catatan: Jika kamu menemukan folde Sent itu merupakan foto/video/file yang kamu kirim ke orang lain

3. Gunakan Pembersih

Bagi pengguna xiaomi, terdapat aplikasi bawaan yang lumayan bermanfaat untuk mengatasi penyimpanan internal penuh yaitu bernama aplikasi Pembersih (Cleaner). Aplikasi ini bekerja dengan melakukan pemindaian data yang ada dan mengumpulkan data tersebut apabila memang bisa dibersihkan.

Caranya pun terbilang mudah, kamu hanya tinggal buka aplikasi Pembersih tersebut. Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses pemindaian selesai. Dan terakhir tinggal tekan tombol Bersihkan untuk mengosongkan file sampah.


4. Gunakan Memori Eksternal

Cara terakhir yang paling ampuh untuk mengatasi penyimpanan penuh pada smartphone adalah dengan menggunakan memori eksternal sebagai media penyimpanan berbagai data penting, seperti gambar, video, dokumen, dll. Dengan meggunakan memori eksternal nantinya akan ada dua penyimpanan yaitu internal dan eksternal. Kamu dapat memindahkan aplikasi, gambar, video atau dokumen ke memori eksternal.

Demikianlah 4 cara mengatasi penyimpanan penuh pada smartphone. Meskipun ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, di atas merupakan beberapa cara saja yang menurut Tutor Tatut sangat efektif.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh pada Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel