Buy HostingBeli Hosting & domain disini

5 Sistem Operasi Gratis Alternatif Windows Yang Bisa Anda Install

5 Sistem Operasi Gratis Alternatif Windows Yang Bisa Anda Install

Tak bisa dipungkiri, Windows merupakan sistem operasi sejuta umat yang menawarkan beragam fitur yang mudah dari segi penggunaannya. Hingga saat ini, OS besutan perusahaan Microsoft tersebut masih menjadi primadona bagi pengguna komputer di seluruh dunia.

Namun sayangnya untuk bisa menggunakan sistem operasi Windows kita diharuskan untuk membayar dengan harga yang cukup tinggi. Tentu tidak semua orang mampu untuk membelinya. Oleh karena itu, tidak jarang yang memilih untuk menggunakan Windows bajakan yang jelas-jelas menyalahi lisensinya.

Nah, sebagai alternatif, pada artikel kali ini saya akan merekomendasikan beberapa sistem operasi gratis terbaik yang bisa anda coba. Meskipun gratis, bukan berarti sistem operasi ini minim akan fitur di dalamnya. Bahkan mampu bersaing dengan OS berlogo ‘jendela’ tersebut. Penasaran apa saja sistem operasi gratis selain Windows yang bisa kita gunakan? berikut ulasannya.

Kumpulan Sistem Operasi Alternatif Windows Terbaik dan Gratis

  1. Linux
by google.com
by google.com

Siapa sih yang tidak tahu dengan sistem operasi open source yang satu ini? terutama mereka yang berkecimpung di dunia IT. Linux atau GNU/Linux adalah salah satu sistem operasi yang dikembangan dengan kode sumber terbuka. Artinya, siapapun bebas menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan kembali tanpa membayar seperserpun, alias gratis.

Sejak diperkenalkan pada tahun 1991 oleh pembuatnya yang bernama Linus Torvals, banyak yang tertarik untuk mendistribusikan kembali. Sehingga muncul lah berbagai macam distro (jenis) Linux yang dibuat untuk tujuan tertentu.

Salah satu distro Linux yang paling populer di kalangan pengguna komputer desktop saat ini adalah Ubuntu. Ubuntu sangat cocok bagi anda yang ingin migrasi ke Linux dari awal, karena fitur di dalamnya yang lengkap serta mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Bagi anda yang tertarik mencicipi Ubuntu Linux, anda bisa mencobanya dengan cara dual boot (dual OS). Artinya, dalam satu komputer atau laptop bisa digunakan dua sistem operasi sekaligus (Windows dan Ubuntu). Silakan baca Cara Install Dual Boot Ubuntu Linux dan Windows 7, 8, atau 10.

  1. Chrome OS
by google.com
by google.com

Chrome OS adalah salah satu sistem operasi open source berbasikan Linux yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google Inc. Sistem operasi yang diperkenalkan pada tanggal 7 Juli 2009 ini dirancang khusus untuk mereka yang menghabiskan waktunya sebagian besar di internet.

Chrome OS dikembangkan di atas proyek open source yang dinamakan Chromium OS. Sistem operasi yang memiliki tampilan antarmuka pengguna minimalis ini merupakan versi komersil dan dirancang khusus untuk perangkat Chromebook.

Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak dapat menginstallnya pada komputer milik kita sendiri. Buat anda yang ingin mencobanya, bisa mengunduhnya langsung dari situs resminya di https://www.chromium.org/chromium-os

  1. ReactOS

ReactOS pada awalnya merupakan sebuah proyek perangkat lunak yang dinamakan FreeWin95 yang dimulai sekitar tahun 1996. Tujuan awal dikembangkannya yaitu untuk menciptakan sebuah sistem operasi yang berupa kloningan dari Windows 95, dengan kata lain ‘saingannya’ Windows 95.

Karena ReactOS masih dalam status Alpha, tidak banyak yang bisa kita lakukan dengan OS alternatif Windows yang satu ini. Meskipun demikian, banyak aplikasi Windows yang dapat dijalankan dengan baik. Buat anda yang tertarik untuk mencobanya, anda bisa mendapatkannya melalui situs ini https://www.reactos.org/

  1. Syllable

Sistem operasi alternatif Windows yang dapat anda gunakan secara gratis berikutnya adalah Syllable. Sistem operasi open source yang satu ini dirancang khusus untuk pengguna rumahan dan kantor skala kecil. Syllable diklaim sangat ringan dan dapat berjalan pada komputer tua dengan prosesor sekelas Pentium.

Syllable dibuat sedemikian rupa untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari. Selain antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan, Syllable juga menyediakan beragam aplikasi yang siap menunjang aktifitas pengguna. Anda bisa mencoba OS ringan ini melalui situs resminya di http://www.syllable.org/

  1. Remix OS for PC

Bagi anda yang ingin merasakan sistem operasi Android di komputer PC atau laptop, Remix OS adalah pilihan yang tepat. Remix OS adalah sistem operasi gratis berbasikan Android yang dirancang khusus untuk perangkat PC. OS yang dikembangkan oleh Jide Technologies ini dapat menjalankan hampir semua aplikasi Android.

Tentu ini menjadi pengalaman baru bagi anda untuk menikmati android dengan tampilan desktop. Ditambah lagi dengan dukungan mouse dan keyboard, pengguna akan lebih leluasa dalam memainkan game android.

Namun saat ini Remix OS belum bisa menggantikan peran Windows sepenuhnya, karena masih minimnya aplikasi produktifitas yang tersedia. Akan tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin merasakan suasana baru dari OS PC rasa Android yang satu ini. Anda bisa mendapatkannya secara gratis melalui situs ini http://www.jide.com/remixos-for-pc

Kesimpulan:

Dari kelima OS gratis di atas, admin sangat merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama. Selain gratis, Linux diklaim jauh lebih aman dari serangan virus atau malware berbahaya. Jarang sekali ada kabar bahwa Linux terinfeksi virus, karena tujuan utama dibuatnya virus adalah untuk menyerang Windows.

Nah, sebagai alternatif, anda bisa menggunakan Ubuntu Linux. Karena distro yang satu ini lebih ramah pengguna, software yang lengkap dan gratis, stabil, sehingga Ubuntu sangat cocok bagi anda yang ingin migrasi ke Linux.

Tanks kepada penulis : Firdaus website : http://www.konyoha.com

 

Ringkasan
5 Sistem Operasi Gratis Alternatif Windows Yang Bisa Anda Install
Nama artikel
5 Sistem Operasi Gratis Alternatif Windows Yang Bisa Anda Install
Deskripsi
5 Sistem Operasi Gratis Alternatif Windows Yang Bisa Anda Install Tak bisa dipungkiri, Windows merupakan sistem operasi sejuta umat yang menawarkan beragam fitur yang mudah dari segi penggunaannya. Hingga saat ini, OS besutan perusahaan Microsoft tersebut masih menjadi primadona bagi pengguna komputer di seluruh dunia.
Penulis
Nama penerbit
Tutortatut
Logo penerbit
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *